HARGA BAHAN BANGUNAN 2014
Harga Upah Tukang/Pekerja Bangunan
Harga Borongan Pekerjaan Bangunan
Harga Pasir dan Batu
Harga Semen
Harga Besi
Harga Wiremesh
Harga Paku
Harga Kayu
Harga Keramik
Harga Granit
Harga Cat Dinding
Harga Cat Besi & Kayu
Harga Penutup Atap
Harga Asbes
Harga Seng
Harga Atap Baja Ringan
Harga Genteng Metal
Harga Gypsum & GRC
Harga Triplek
Harga Hebel
Harga Asbes
Harga Beton Readymix
Harga Pipa PVC
Harga Lampu
Harga Lampu LED
Harga Parket Kayu
Harga Parket Bambu
Harga Paving Block / Conblock
Harga Waterproofing
Harga Polikarbonat
Harga Papan Fiber Semen
Harga Alat Listrik
Harga Kabel Listrik
Harga Peralatan Kerja
Harga Kaca
Harga Kaca Tempered
Harga Kunci Gembok
Harga Wastafel
Harga Closet Jongkok
Harga Closet Duduk
TEKNOLOGI BAHAN BANGUNAN
Glass Block Warna
Mengenal Steel Floor Deck
Wiremesh Untuk Penguat Bangunan
Sealant untuk Penambal, Perekat dan Pengisi
Mengenal Ukuran Pipa PVC dan Kegunaannya
Mengenal Papan Gypsum
Mengenal Jenis-Jenis Lampu
Mengenal Jenis Kabel Listrik
Papan Fiber Semen Alternatif Pengganti Gypsum
Keunggulan Material Gypsum
TEKNIK BANGUNAN
Cara Pasang Glass Block
Cara Memasang Angkur
Cara Menyambung Pipa Paralon/PVC
Cara Membuat Kran Air Otomatis
Cara Menguji Bata Merah Berkualitas
Menghitung Kebutuhan Cat Dinding/Tembok
Cara Merawat Water Heater
Cara Memasang Water Heater
Cara Menghitung Kebutuhan Paving/Conblock
Cara Pasang Conblock dan Constone
TIPS BANGUNAN
Tips Renovasi Lancar
Tips Memilih Batako
Tips Memilih Angkur
Tips Membeli Rumah Menurut Fengshui
Tips Memasang Wallpaper
Tips Memilih Lantai Granit
Tips Memilih Lampu Hias
Tips Memilih Kunci / Pegangan Pintu
Tips Memilih Papan Gypsum
Tips Memilih Polikarbonat
Tips Memilih Kayu
Tips Memilih Keramik Lantai
Tips Memilih Water Heater
Tips Membeli Wiremesh
Tips Memilih Cat Rumah/Tembok
Tips Memilih Pasir Untuk Bangunan
GAMBAR RUMAH MINIMALIS
Type Kecil 1 Lt (> 150 m2)
Type Kecil 2 Lt (> 150 m2)
Type Sedang 2 Lt (150 - 300 m2)

Tips Memilih Pasir Untuk Bangunan


Bagaimana memilih pasir untuk bangunan yang baik ?
  •  Pasir harus memeiliki butiran yang tajam. Untuk mengetahuinya ambil pasir kemudian digenggam, butiran pasir yang baik akan terasa tajam pada permukaan telapak tangan.
  • Jika dilihat secara visual, terlihat butiran pasir memiliki ragam bentuk butiran Pasir yang baik kalau kita kepal pasirnya maka pasir tidak akan menggumpal. Hasil adukan pasir jenis ini dengan semen akan menghasilkan plesteran dinding yang sangat keras namun teksturnya kasar sehingga mempengaruhi acian.
  • Sedangkan pasir yang kurang bagus bila dikepal maka pasir akan menggumpal. Hasil adukan dengan semen menghasilkan plasteran yang tidak sekeras pasir pasir yang baik,namun tekstur plesteran lumayan halus sehingga memudahkan aci.
  • Tidak mengandung lumpur lebih dari 5% dan sewaktu dikepal tidak ada lumpur yang tertinggal.

Posting yang Berkaitan :

Mengenal Material Gypsum

Papan gipsum / gypsum merupakan bahan pelapis interior untuk dinding pembatas dan plafon gipsum, serta dapat diaplikasikan sebagai pelapis dinding bata. Saat ini, penggunaan papan gipsum untuk interior sudah semakin meluas, disebabkan oleh karakteristiknya yang tahan api dan finishing yang sangat baik.

Suwarso, System Develoment Rep BORAL Jayaboard, mengatakan, bobot papan gipsum juga ringan. Pengerjaannya juga cepat dan kering. Ia menuturkan, secara fisik, papan gipsum Jayaboard terdiri atas inti gypsum plaster yang dibungkus oleh kertas penguat di sekelilingnya.
"Permukaan papan di bagian tepi berbentuk miring atau recessed edge, sementara di bagian ujung terpotong persegi oleh pisau guillotine," ujarnya kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (5/4/2012).
Berdasarkan pesanan konsumen, ada juga pilihan tepi kotak untuk aplikasi khusus. Ia mengatakan, papan gipsum Jaya dari Jayaboard terbuat dari bahan kualitas baik dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Papan gipsum Jaya tersedia dalam berbagai ukuran ketebalan, panjang dan lebar. Aplikasinya sangat mudah dan bisa digunakan pada rangka kayu, metal, maupun dinding bata.
"Untuk hasil terbaik, kami merekomendasikan aplikasi dengan menggunakan rangka Jayabms dan kompon penyambungan Jayacompound," ujarnya.

Paling ringan dan kuat
Saat ini, Jayaboard menghadirkan produk-produk dengan kualitas tinggi kepada kosumennya. Melalui proses pengembangan dan riset berkelanjutan, produksi dengan quality control sangat ketat dan terjaga, formulasi yang sudah dipatenkan, telah menjadikan Jayaboard memiliki kualitas terbaik, terbukti mempunyai bobot paling ringan namun kuat, kelendutan paling minimal, dan kualitas paling konsisten.

Terinspirasi dari struktur Sarang Lebah (Honey Comb) yang diterapkan pada inti papan gipsum, Jayaboard telah menghadirkan produk papan gipsum yang kuat namun ringan.

"Kami turut mendukung perkembangan bisnis pelanggan kami dengan menyediakan produk yang berkualitas tinggi dengan quality control yang ketat untuk meminimalisir adanya complain dari setiap pekerjaan yang menggunakan produk papan gipsum Jayaboard," kata Suwarso.

Bobot papan gipsum Jayaboard yang paling ringan di Indonesia telah memberikan kemudahan pada saat proses distribusi dan pemasangan sehingga waktu dan biaya yang digunakan akan semakin efektif dan efisien. Teknologi honeycomb structure ini merupakan satu-satunya di Indonesia dalam hal produksi papan gipsum.

Kelendutan atau sagging adalah penurunan plafon papan gipsum dari level datarnya karena daya beban material terhadap ukuran bentangan. Papan gipsum Jayaboard saat ini telah diakui pasar mempunyai kelendutan paling minimal.

"Secara periodik kami melakukan tes untuk menjamin, bahwa kelendutan papan gipsum Jayaboard telah memenuhi standar yang ditentukan," kata Suwarso.

Tenaga kerja yang ahli dan berpengalaman juga menjadi kunci dari terjaganya kualitas produk yang selalu prima. Dengan acuan standar produksi yang jelas, quality control yang ketat dan dukungan fasilitas mesin produksi dengan teknologi terkini telah menghadirkan produk-produk papan gipsum dengan kualitas yang konsisten dari waktu ke waktu.

Sumber : kompas.com

Mengenal Jenis-Jenis Lampu

Mengenal Jenis-Jenis Lampu (Pijar, TL, Halogen, LED)


Dengan lampu disebut juga penerangan buatan, lampu menjadi elemen yang sangat vital untuk penerangan malam hari karena kemudahan memakai lampu dibandingkan sumber cahaya lain seperti cempluk (lampu minyak), obor, atau penerangan lain. Berbagai jenis lampu tersedia di pasaran dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Memilih jenis lampu hemat energi, misalnya, akan mempengaruhi keawetan (lama waktu kita memakai lampu tersebut) serta biaya listrik operasional yang dibutuhkannya. Apa saja jenis lampu dan kelebihan serta kekurangannya?

Lampu Pijar (biasa)
Jenis lampu yang dikembangkan Thomas Alfa Edison ini memakai filamen tungsten yaitu semacam kawat pijar didalam bola kaca yang diisi gas nitrogen, argon, kripton, hidrogen dan sebagainya. Lampu ini membutuhkan lebih banyak energi dibandingkan lampu TL untuk mendapatkan tingkat terang yang sama. Lampu pijar atau bohlam biasa ini hanya bertahan 1000 jam atau untuk rata-rata pemakaian 10 jam sehari semalam, hanya bertahan kira-kira 3 - 4 bulan, dan setelah itu kita harus membeli bohlam baru.

Banyak orang menyukai menggunakan lampu pijar karena warna yang ditimbulkannya. Warna kuning lampu pijar terasa hangat. Namun yang membeli lampu pijar karena harganya yang relatif murah juga tidak sedikit. Sebaiknya kita memperhatikan bahwa lampu pijar memang murah, namun hanya bertahan 3-4 bulanan saja. Warna cahaya lampu pijar adalah kuning derajat suhu warna 2'500 - 2'700 K (Kelvin).


Lampu TL (Fluorescent)
 
Jenis lampu ini juga dikenal dengan lampu neon. Dewasa ini lampu neon bentuknya macam-macam, ada yang bentuknya memanjang biasa, bentuk spiral atau tornado, dan ada juga yang bentuk memanjang vertikal dengan fitting (bentuk pemasangan ke kap lampu) yang mirip seperti lampu pijar biasa. Lampu TL lebih hemat energi dibandingkan lampu pijar, karena lebih terang. Untuk lampu TL yang baik (merk bagus), bisa bertahan 15.000 jam atau setara dengan 10 tahun pemakaian, harganya juga sekitar 10x lampu pijar biasa. Sedangkan lampu TL yang berkualitas buruk mungkin bisa bertahan 4-6 bulan saja (dewasa ini banyak bermunculan merk lampu 'hemat energi' yang murah, namun kualitasnya rendah).

Lampu TL saat ini juga banyak memiliki varian dan bentuk seperti diatas dengan fitting ulir yang biasa dipakai untuk lampu bohlam biasa.


Lampu TL yang banyak digunakan sejak dulu dengan fitting khusus untuk lampu TL yang panjang.

Dengan jumlah watt (energi listrik) yang lebih kecil, lampu TL atau neon lebih murah digunakan daripada membeli lampu pijar biasa, dan saat ini jenis lampu TL juga bervariasi baik bentuk, fitting pemasangan, serta warna cahayanya ada yang putih, kuning, dan warna lainnya. Dengan keseimbangan antara harga dan lama pemakaian, lampu TL banyak digunakan untuk penerangan toko, mall, serta tempat-tempat lain yang membutuhkan cahaya terang dan lebih hemat energi.

Warna cahaya lampu pijar adalah:
kuning (2'700 K - 3'000 K)
netral (3'500 K - 4'500 K)
putih (5'500 K - 6'500 K)

Lampu Halogen


Lampu jenis ini merupakan lampu spot yang baik. Lampu spot adalah lampu yang cahayanya mengarah ke satu area saja, misalnya lampu untuk menerangi benda seni secara terfokus. Lampu ini baik untuk digunakan sebagai penerangan taman untuk membuat kesan dramatis dari pencahayaan terpusat seperti menerangi patung, tanaman, kolam atau area lainnya. Jenis lampu ini sebenarnya merupakan lampu filamen yang sudah berhasil dikembangkan menjadi lebih terang, namun juga kebutuhan energi (watt) yang relatif sama.


Warna cahaya lampu halogen adalah:
halogen biasa: kuning 3'000 K
halogen high pressure: putih 6'000 K 

Lampu LED

Lampu ini merupakan sirkuit semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Sifatnya berbeda dengan filamen yang harus dipijarkan (dibakar) atau lampu TL yang merupakan pijaran partikel. Lampu LED memancarkan cahaya lewat aliran listrik yang relatif tidak menghasilkan banyak panas. Karena itu lampu LED terasa dingin dipakai karena tidak menambah panas ruangan seperti lampu pijar. Lampu LED juga memiliki warna sinar yang beragam, yaitu putih, kuning, dan warna-warna lainnya.
Satu varian bentuk lampu LED, dimana bentuk lampu LED yang menggantikan bohlam bisa bermacam-macam. Yang pasti adalah lampu LED merupakan lampu berisi kumpulan LED kecil dengan warna putih atau kuning.  


Lampu LED merupakan lampu paling hemat energi diantara jenis lampu lainnya, meskipun harganya relatif mahal. Saat artikel ini dibuat, lampu LED 4 watt kualitas bagus yang setara dengan lampu pijar 25 watt, harganya masih sekitar Rp140an ribu. Meskipun demikian, lampu LED disarankan bagi Anda yang memperhatikan bahwa energi (watt) yang dipakai sangat kecil sehingga menggunakan lampu LED sama dengan menghemat listrik hingga 1/5 dari biasanya. Lampu LED juga bisa bertahan sangat lama hingga 20an tahun. Bila dibandingkan dengan menggunakan lampu pijar, maka dalam 20 tahun harus membeli  atau mengganti sekitar 60an lampu pijar. Dengan asumsi harga lampu pijar biasa adalah Rp6.000,-, maka biaya yang harus dikeluarkan dengan menggunakan lampu pijar biasa adalah Rp360.000,- tentunya lebih menarik untuk menggunakan lampu LED. Adapun saat ini, terdapat juga lampu LED sekitar 3 watt setara bohlam 20an watt 'made in China' yang murah meriah seharga sekitar Rp 30an ribu, namun jangka keawetannya belum dijamin dengan baik.

Warna cahaya lampu LED banyak meliputi semua warna, bisa merah, putih, hijau, biru, kuning, dan sebagainya.

Mengenal Jenis Kabel Listrik

Perbedaan Antara Kabel Listrik NYA, NYM dan NYY

KABEL LISTRIK

Kabel listrik adalah media untuk menyalurkan energi listrik. Sebuah kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor. Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari karet atau plastik, sedangkan konduktor terbuat dari serabut tembaga atau tembaga pejal.

Kemampuan hantar sebuah kabel listrik ditentukan oleh KHA (kemampuan hantar arus) yang dimilikinya dalam satuan Ampere. Kemampuan hantar arus ditentukan oleh luas penampang konduktor yang berada dalam kabel listrik. Sedangkan tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt, yang merupakan perkalian dari :
“Ampere x Volt = Watt”
Pada tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V x 10A = 2200 Watt.

KABEL N.Y.A

Biasanya digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. Berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, dan seringnya untuk instalasi kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus.
Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.



KABEL N.Y.M

Digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan sistem tenaga. Kabel NYM berinti lebih dari 1, memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.

KABEL N.Y.Y

Memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dieprgunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.

 (sumber : sbaskoro.wordpres.com, foto : istimewa )


Keunggulan Material Gypsum

Gipsum (gypsum) sebagai material non struktural memiliki banyak kelebihan sehingga aman dan mudah diaplikasikan dalam hunian. Setidaknya, ada enam kelebihan material ini yang acapkali digunakan untuk kebutuhan plafon dan penyekat ruangan ini.

Enam kelebihan tersebut adalalah aman bagi kesehatan dan lingkungan, tahan terhadap api, materialnya ringan dan fleksibel, finishing yang lebih rapi dan halus, hemat energi, serta aman saat gempa.

Aman bagi kesehatan dan lingkungan
Kini, lewat uji laboratorium lokal maupun internasional, gipsum aman untuk kesehatan dan lingkungan. Seperti pengujian gipsum produksi BORAL Jayaboard, dengan standar produksi AS 2588 (Australian Standard) dan internasional ASTM C 1396 (American Standard), bisa dibuktikan bahwa radiasi dari gipsum Jayaboard justeru jauh di bawah radiasi batu bata. Bahkan, jauh lebih rendah daripada lapisan mebel atau produk furnitur di sekeliling kita.
Gipsum yang diproduksi oleh Jayaboard tidak mengandung asbestos, atau senyawa kimia yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, kandungan volatile organic compound atau VOC-nya jauh di bawah ambang batas yang ditentukan.

Tahan terhadap api
Pemakaian gipsum untuk plafon atau penyekat aman dari bahaya kebakaran. Ini karena materialnya tidak mudah terbakar serta tidak menyebarkan panas. Jika terkena api, bahan material kertasnya saja yang terkena, namun tidak akan menyebarkan api. Bahkan, gipsum memiliki kemampuan untuk memblokir panas. Saat sumber api padam, api tidak akan menjalar pada gipsum serta menyebar ke material lainnya.

Ringan dan fleksibel
Gipsum dipilih salah satunya karena material ini ringan dibandingkan material non-struktural lainnya. Gipsum produksi BORAL Jayaboard, ini misalnya, mengembangkan riset dan quality control yang menjadikan produk gipsum memiliki bobot paling ringan, kelendutan minimal, namun tetap kuat. Inovasi ini terinpirasi dari struktur sarang lebah (honey comb) yang diterapkan pada inti papan gipsum.

Teknologi honey comb structure ini merupakan satu-satunya di Indonesia dalam hal produksi papan gipsum. Kelendutan atau sagging adalah penurunan plafon papan gipsum dari level datarnya karena daya beban material terhadap ukuran bentangan. Saat ini, papan gipsum Jayaboard telah diakui pasar karena mempunyai kelendutan paling minimal.
Selain ringan, gipsum Jayaboard juga fleksibel penggunaannya untuk kepentingan interior. Para arsitek dan desainer interior saat ini dapat mengolah papan gipsum untuk mempercantik plafon menjadi beragam bentuknya.

Finishing lebih rapi dan halus
Selain ringan dan fleksibel, pada proses finishing pun gipsum lebih unggul sebab lebih rapi dan halus ketimbang material lain. Persambungannya begitu tipis dan tidak kentara.
Untuk finishingnya, gipsum bisa dengan cat tembok atau langsung dicat setelah terpasang tanpa perlu diblok lagi dengan pelapis karena cat bisa langsung terserap. Mau memakai cat glossy atau minyak bisa dengan mudah diaplikasikan. Sementara untuk tembok perlu ditunggu sampai kering. Bahan gipsum mudah menyerap dan daya rekatnya sangat baik untuk cat.

Hemat energi
Gipsum juga lebih hemat energi. Jika diaplikasikan dalam ruangan ber-AC, gipsum lebih cepat beraklimatisasi untuk membuat ruangan lebih cepat dingin apabila dibandingkan dengan pemakaian material konvensional lain.

Aman saat gempa
Saat terjadi gempa, material non-struktural bisa menimpa penghuni rumah lebih dulu. Namun, kini ada produk gipsum yang bisa lebih bertahan lama ketika guncangan gempa berlangsung. Sebagai produsen yang berkonsentrasi pada elemen interior ruangan, BORAL Jayaboard mencoba menawarkan solusi lewat produk Jayaboard Seismic Ceiling System. Dengan menggunakan pendekatan seismik, sistem ini akan meminimalkan risiko saat guncangan gempa terjadi, sehingga penghuni rumah memiliki waktu lebih lama untuk menyelamatkan diri, serta terhindar dari material bangunan yang terjatuh secara tiba-tiba.

Sumber : kompas.com

Baca juga :
- Harga gypsum
- Tips Memilih Papan Gypsum
- Mengenal Papan Gypsum

Papan Fiber Semen Alternatif Pengganti Gypsum

Papan Semen Sebagai Alternatif

Papan gipsum kurang tahan terhadap air, jamur, benturan keras, juga rayap dan api (terutama kertasnya). Karena itu hanya dianjurkan untuk interior seperti plafon dan partisi, dan tidak untuk eksterior seperti listplank atau penutup tiang kolom dan dinding (cladding) dan dekorasinya.
Untuk mengatasi kekurangan itu, belakangan muncul papan fiber semen sebagai alternatif, yang bisa dipakai untuk interior dan eksterior, bahkan untuk penutup lantai dan pagar. Papan tahan benturan hingga 170 kg/cm tapi jauh lebih ringan dan luwes.
Kalau beton biasa memiliki tulangan baja, fiber semen yang terbuat dari campuran semen, pasir silika, gipsum, memakai serat selulosa sebagai penguat. Ukuran papan relatif sama dengan gipsum. Permukaannya lebih halus dan flat sehingga finishing-nya juga lebih mudah dan apik. Jadi, papan bisa langsung dicat atau dilapisi wall paper tanpa harus diplamir atau diamplas dulu. Pemasangan sama dengan gipsum, oleh aplikator yang memahami fiber cement, dengan rangka kayu atau besi. Harganya lebih murah ketimbang triplek dan gipsum tipe moisture resistant (tahan lembab).
Hanya, fiber semen lebih berat ketimbang papan gipsum dengan ketebalan yang sama. Pemasangan harus dengan alat yang lebih canggih seperti bor dan gergaji mesin, dan menyerap panas. Dibanding papan gipsum standar, harganya juga lebih mahal, tapi konon dalam jangka panjang lebih murah karena lebih tahan lama (15 – 25 tahun) dan relatif bebas perawatan dibanding gipsum (5 – 10 tahun). Pada bangunan rumah aplikasi papan semen juga kebanyakan masih untuk plafon.

GRC board

Salah satu fiber cement itu adalah glassfiber reinforced cement (GRC) board produksi PT Bangun Perkasa Aditama Sentra. Papan semen yang memakai serat fiberglass setebal 4 – 10 mm ini sebenarnya tipe untuk ruang dalam seperti partisi, atau ruang luar yang terlindung dari panas dan hujan seperti di bawah atap. Sedangkan untuk ruang dalam seperti plafon, produknya adalah FiberFlat (tebal 4 mm).
“Yang banyak dipakai developer itu FiberFlat sebagai pengganti triplek karena harganya lebih murah, hanya Rp38.500 untuk ukuran empat mili dibanding triplek yang Rp45 ribuan, lebih tahan, tinggal dicat, dan finishing lebih rapi. Tapi, karena produk kita yang ngetop GRC, dibilangnya GRC board,” kata Hengky Soelistyo, Marketing Manager PT Ciptapapan Dinamika, main distributor GRC board cs.
Sementara untuk ruang luar tanpa pelindung atau lantai atas (dak) ada SuperPanel (tebal 9 – 15 mm), dengan turunan SuperPlank (SuperPanel yang dipotong-potong dan diberi profil) untuk listplank atau bahkan pagar. “Pakai SuperPanel untuk dak lebih hemat karena tidak perlu perancah. Cukup pasang rangka, kemudian gelar SuperPanel. Mau dilapisi keramik juga boleh, karena base-nya kan semen. Produk kita bebas asbes sehingga aman bagi kesehatan,” ujarnya.

Kalsium silikat

Produk lain adalah Kalsiboard produksi PT Eternit Gresik yang sekarang dikuasai Etex Group (Belgia). Menurut Irwandi Wibisono, Commercial Manager PT Eternit Gresik, Kalsiboard satu-satunya papan semen tanpa serat asbes sehingga ramah lingkungan. “Produk kita terbuat dari semen, tepung silika, dan serat selulosa sebagai pengganti asbes, ditambah bahan aditif lain, sehingga lebih tepat disebut papan kalsium silikat. Sampai kini di Indonesia hanya produk kami yang non-asbes. Itu kami pasang di label,” katanya.
Ia menjelaskan, perbedaan fiber semen dengan Kalsiboard terletak pada proses pengeringannya. Pengeringan papan semen memakai nature curing (dijemur secara alami sehingga uap air yang terkandung di dalamnya tidak bisa keluar). Sedangkan pengeringan papan kalsium silikat menggunakan autoclave (semacam steam raksasa yang diberi tekanan sekitar 12 bar) dengan proses curing selama 8 – 10 jam, sehingga lembaran papan benar-benar kering dan ringan dengan muai susut kecil.
Konsumen bisa mengetes dengan menjemurnya di terik matahari selama sehari. “Papan semen akan melengkung karena menyerap kelembaban, sedangkan papan kalsium silikat tetap rata karena proses pengeringannya hampir sempurna,” jelasnya. Kalsiboard juga memiliki papan kalsium silikat bergelombang untuk penutup atap. Kalsiboard yang tebalnya 3 – 20 mm memiliki “saudara” Kalsiplank untuk aplikasi ruang luar yang terkena hujan dan panas langsung, dengan tebal mulai dari 8 – 12 mm. Akan dilansir juga KalsiFloor dengan ketebalan 20 mm untuk penutup lantai.
Produsen papan gipsum Siam-Indo melalui PT Siam-Indo Concrete Product juga memproduksi papan semen big flat dan wood plank Elephant. Begitu pula PT Knauf Indonesia dengan produk Aquapanel indoor dan outdoor.  

Harga Seng

Daftar Harga Seng 2012 : Seng, Seng Plat, Seng Gelombang, Seng Galvanis



SENG
Spesifikasi BarangukuranHarga (Rp.)
Seng Plat Tebal 0.202 m x 1 m35.000,-
Seng Plat Tebal 0.252 m x 1 m45.000,-
Seng Gelombang Gajah Emas0,2x914x182936.000,-
Seng Gelombang Gajah Emas0,2x914x243848.000,-


Harga Asbes

Daftar Harga Asbes 2012 : Asbes, Asbes Gelombang, Jabesmen





ASBES
Spesifikasi BarangukuranHarga (Rp.)
Jabesmen gelombang150x105mm40.000,-
Jabesmen gelombang180x105mm46.000,-
Jabesmen gelombang210x105mm52.000,-
Jabesmen gelombang240x105mm60.000,-
Jabesmen gelombang270x105mm68.000,-
Jabesmen gelombang300x105mm76.000,-
Nok Asbes pasang37.000,-

Harga Upah Tukang/Pekerja Bangunan

Daftar Harga Upah Tukang/Pekerja Bangunan Terbaru 2012 : Upah Tukang Batu, Upah Tukang Kayu, Upah Tukang Cat, Upah Tukang Gali Tanah, Upah Tukang Besi



Biaya Upah Tukang Bangunan Lepas Harian baik tukang Batu, Tukang Kayu,Tukang Cat maupun Tukang Gali mempunyai standart harga yang berbeda – beda tiap daerah. Berikut biaya upah tukang bangunan di tahun 2012 untuk di area Jakarta saat ini .

BIAYA UPAH TUKANG BATU
Spesifikas satuanHarga (Rp.)
Kepala Tukang Batuorang/hari (7jam)75.000,-
Tukang Batuorang/hari (7jam)60.000,-
Tukang Batu setengah terampil orang/hari (7jam)45.000,-
Pembantu tukang/kenek orang/hari (7jam)45.000,-

BIAYA UPAH TUKANG KAYU
Spesifikas satuanHarga (Rp.)
Kepala Tukang Kayuorang/hari (7jam)80.000,-
Tukang Kayuorang/hari (7jam)65.000,-
Tukang Kayu setengah terampil orang/hari (7jam)50.000,-

BIAYA UPAH TUKANG CAT
Spesifikas satuanHarga (Rp.)
Kepala Tukang Catorang/hari (7jam)75.000,-
Tukang Cat terampil orang/hari (7jam)60.000,-
Tukang Cat setengah terampil orang/hari (7jam)50.000,-

BIAYA UPAH TUKANG GALI TANAH
Spesifikas satuanHarga (Rp.)
Mandor Tukang Gali Tanahorang/hari (7jam)85.000,-
Kepala Tukang Gali tanahorang/hari (7jam)60.000,-
Tukang Gali Tanahorang/hari (7jam)50.000,-

BIAYA UPAH TUKANG BESI
Spesifikas satuanHarga (Rp.)
Kepala Tukang Besiorang/hari (7jam)75.000,-
Tukang Besi terampil orang/hari (7jam)60.000,-
Tukang Besi setengah terampil orang/hari (7jam)50.000,-



Harga Bahan Bangunan 2012 Lainnya :
Harga Lampu | Harga Besi | Harga Paku | Harga Kayu | Harga Semen | Harga Pasir dan Batu | Harga Keramik | Harga Atap Baja Ringan | Harga Penutup Atap | Harga Asbes | Harga Seng | Harga Cat Dinding | Harga Cat Besi & Kayu | Harga Kaca | Harga Granit | Harga Parket Kayu | Harga Parket Bambu | Harga Pipa PVC | Harga Waterproofing | Harga Papan Fiber SemenHarga Parket [Parquet] | Harga Genteng Metal | Harga Alat Listrik | Harga Kabel Listrik | Harga Lampu | Harga Lampu LED | Harga Peralatan Kerja | Harga Gypsum dan GRC | Harga Triplek | Harga Papan Fiber Semen | Harga Kaca | Harga Wiremesh | Harga Polikarbonat | Harga Paving/Conblock | Harga Beton Readymix | Harga Hebel | Harga Borongan Bangunan | Harga Upah Pekerja Bangunan
Harga Sanitair : Harga Closet Duduk | Harga Closet Jongkok | Harga Wastafel

Harga Atap Baja Ringan

Daftar Harga Atap Baja Ringan 2012 : Apluss, Taso, Blue Steel, Karya Mandiri

 
Harga Atap Baja Ringan
ProdusenSpesifikasi BarangGaransiHarga (Rp.)
Taso galvalumProfil C  tinggi 7,5 cm tebal 0,75 cm lebar 3 cm5 Th125.000,-
Apluss galvanis Profil C  tinggi 7,5 cm tebal 0,80 cm lebar 3 cm5 Th125.000,-
Apluss ZincalumeProfil C  tinggi 7,5 cm tebal 0,80 cm lebar 3 cm5 Th130.000,-
Karya Mandiri GalvanisProfil C tinggi 7,5 cm tebal 0,75 cm lebar 3 cm5 Th125.000,-
Karya Mandiri GalvalumeProfil C tinggi 7,5 cm tebal 0,75 cm lebar 3 cm, 5 Th132.500,-
Blue Steel Galvanis dan GalvalumProfil C tinggi 7,5 cm tebal 0,75 cm lebar 3 cm, 10 Th135.000,-
Catatan : Harga Terpasang/m2 luas atap


Harga Bahan Bangunan 2012 Lainnya :
Harga Lampu | Harga Besi | Harga Paku | Harga Kayu | Harga Semen | Harga Pasir dan Batu | Harga Keramik | Harga Atap Baja Ringan | Harga Penutup Atap | Harga Asbes | Harga Seng | Harga Cat Dinding | Harga Cat Besi & Kayu | Harga Kaca | Harga Granit | Harga Parket Kayu | Harga Parket Bambu | Harga Pipa PVC | Harga Waterproofing | Harga Papan Fiber SemenHarga Parket [Parquet] | Harga Genteng Metal | Harga Alat Listrik | Harga Kabel Listrik | Harga Lampu | Harga Lampu LED | Harga Peralatan Kerja | Harga Gypsum dan GRC | Harga Triplek | Harga Papan Fiber Semen | Harga Kaca | Harga Wiremesh | Harga Polikarbonat | Harga Paving/Conblock | Harga Beton Readymix | Harga Hebel | Harga Borongan Bangunan | Harga Upah Pekerja Bangunan

Harga Waterproofing

Harga Pelapis Anti Bocor [Waterproofing] 2012 : AM, Aquaproof, Sika, Aquaseal,aquagard, Aquatite, Damdex, Multiguard, No Drop, Sil'on, Teraproof, ultraproof


CAT ANTI BOCOR
Spesifikasi BarangukuranHarga (Rp.)
AM1 101 kg38.000,-
AM1 104 kg140.000,-
AM1 1020 kg615.000,-
Aquaproof1 kg42.500,-
Aquaproof4 kg 160.000,-
Aquaproof20 kg685.000,-
Aquaseal1 kg36.000,-
Aquaseal4 kg135.000,-
Aquaseal20 kg615.000,-
Aquagardset47.500,-
Aqua Tite1 kg85.000,-
Aqua Tite4 kg330.000,-
Damdex Warna (murni)1 kg82.500,-
Damdex Warna (campur)4 kg52.000,-
Damdex Warna (murni)4 kg307.500,-
Multiguard1 kg38.500,-
No Drop1 kg35.000,-
No Drop4 kg130.000,-
No Drop20 kg635.000,-
Sil'on1 kg36.000,-
Sil'on4 kg140.000,-
Sil'on20 kg635.000,-
Teraproof1 kg45.000,-
Teraproof4 kg160.000,-
Teraproof20 kg685.000,-
Ultra Cote1 kg50.000,-
Ultraproof1 kg40.000,-
Ultraproof4 kg148.000,-
Ultraproof20 kg680.000,-

Harga Bahan Bangunan 2012 Lainnya :